Marlin Ajak Ibu dan Ayah mendukung Kampanye ASI

Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi Menyampaikan Kata Sambutan Kampanye ASI.

Media Center Batam – Dinas Kesehatan Kota Batam bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Batam menyelenggarakan Kampanye ASI 2018 Tingkat Kota Batam. Kampanye diselenggarakan di Hotel Vista yang dibuka langsung Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi bersama tokoh perempuan Kota Batam, Sri Soedarsono dan Wakil Ketua I TP PKK Kota Batam, Erlita Sari Amsakar.

Marlin menyadari bahwa kurangnya pemahaman ibu – ibu mengenai manfaat ASI untuk kesehatan ibu dan tumbuh kembang anak sangat minim sehingga diharapkan dengan adanya kampanye ini memberikan dorongan untuk memberikan pemahaman yang benar.

Bukan hanya sang ibu yang konsen dengan pemberian ASI tetapi peran serta ayah sangatlah membantu dalam menstimulasi produksi ASI yang melimpah. Hal ini memang terlihat sepele tetapi bila dipahami dengan baik pemberian ASI ini menjadi dasar kehidupan anak.

Oleh karena itu beliau mengundang para lurah dan istri, camat beserta istri untuk mengajak bersama – sama dalam mensukseskanya pemberian ASI untuk anak.

“Saya sengajak mengundang bapak – bapaknya juga untuk mendengarkan penjelasan dari ahlinya, tanggung jawab ini bukan hanya ibu tetapi bapak – bapak juga berperan serta” terang Marlin.

Lanjutnya banyaknya para ibu yang awam tentang IMD dan ASI eksklusif juga menjadi alasan mengapa kampanye ini sangat membantu dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan para orang tua.

“Kita hadirkan narasumber yang memang ahli dibidangnya, dr. Utami Roesli yang menjelaskan bahwa ASI merupakan makanan terbaik untuk anak dan informasi – informasi yang diterima dapat dishare kemasyarakat” ujar Marlin.

Ketua Panitia, Siska Irma melaporkan bahwa kegiatan ini mengusung tema “Menyusui Sebagai Dasar Kehidupan” yang diikuti oleh masyarakat Kota Batam dari kelurahan, kecamatan dan organisasi – organisasi wanita di Kota Batam. Selain talk Show juga diselenggarakan konseling menyusui dan cek kesehatan.

Saat ini masih banyaknya masyarakat yang tidak mengerti manfaat Pemberian ASI Eksklusif dan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) di Kota Batam. Hal ini terlihat dari hanya 32% ibu yang memberikan ASI ekslusif (0-6 Bulan) kepada anak – anaknya. Oleh karena itu kampanye ini diharapkan dapat mengajak masyarakat sehingga kwalitas anak – anak di Kota Batam semakin baik.

Asisten Administrasi Umum, Firmansyah menyampaikan bahwa dukungan nyata Pemerintah Kota Batam adalah dengan disediakannya ruangan – ruangan Laktasi di fasilitas – fasilitas umum, di gedung – gedung Pemerintahan sehingga memberikan akses mudah bagi para ibu. Selain itu beliau juga menambahkan bahwa pemerintah sedang bergeliat membangun infrastruktur yang ramah akan ibu dan anak.

“Kampanye ASI ini diharapkan menjadi program yang dapat mencerdaskan anak – anak di Kota Batam sehingga kedepannya anak – anak di Kota Batam menjadi anak – anak yang sehat dan cerdas” ujar Firmansyah.

Selanjutnya kegiatan ini dibuka dengan tandai dengan pemukulan Gong dilanjutkan dengan Talk Show yang disampaikan langsung oleh dr. Utami Roesli.

Mungkin Anda juga menyukai