Pelajar dan Majelis Taklim Lomba Manasik Haji

Kepala Bagian Kesra Setdako Batam, Riama Manurung

Media Center Batam – Pemerintah Kota Batam kembali menggelar Lomba Manasik Haji Tingkat Kota Batam kategori Pelajar dan BKMT Tahun 2018. Lomba dalam rangka Hari Jadi Batam ke-189 ini diadakan di Dataran Engku Putri Batam Centre, Minggu (2/12).

Kepala Bagian Kesra Setdako Batam, Riama Manurung menyampaikan lomba ini diikuti pelajar mulai dari tingkat TK/RA/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Jumlah peserta tiap kategori berturut-turut 40 kelompok, 90 kelompok, 31 kelompok, dan delapan kelompok. Sementara kategori BKMT diikuti 19 kelompok.

“Setiap kelompok terdiri dari 11 orang. Sehingga total peserta yang mengikuti kegiatan manasik haji hari ini berjumlah 2.020 orang,” sebutnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dan memberikan pemahaman terhadap pelajar dan Majelis Taklim dalam pelaksanaan ibadah haji. Dan peserta memperebutkan juara satu sampai harapan satu. Adapun total hadiah yang disiapkan untuk para pemenang yakni Rp90 juta.

Dewan juri yang melakukan penilaian terdiri dari anggota IPHI Kota Batam, Kantor Kementrian Agama Kota Batam, dan Purnabhakti Pemko Batam. Kriteria penilaian mulai dari kekompakan hingga bacaan niat dan doa. Setiap rangkaian manasik yang dilakukan peserta akan dinilai oleh juri, seperti bacaan niat dan memakai ihram, tawaf, sai, sampai melontar jumrah.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin berharap melalui lomba ini akan mengingatkan bagaimana pelaksanaan ibadah haji. Melalui lomba manasik haji ini Pemko Batam juga ingin mengenalkan tata cara ibadah haji yang baik.

“Yang mengikuti lomba pada hari ini adalah orang-orang yang terpilih dan panggilan amalan soleh. Di depan sudah disiapkan kabah dan berbagai lambang dan tanda pada saat kita melaksanakan ibadah haji. Mari maknai kegiatan ini sebagai ibadah. Ikuti dengan hati yang ikhlas dan insya Allah kita akan mendapat manfaatnya dan pahala dari Allah SWT,” kata dia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *