Dua Pasang Pengantin di Batam Dapat Kartu Nikah Perdana

Media Center Batam – Dua pasang pengantin di Kota Batam sudah mengantongi kartu nikah Kementerian Agama RI. Kepala Kantor Kemenag Batam, Erizal Abdullah mengatakan pencetakan baru sebatas ujicoba.

“Kemarin sudah dua pasangan yang kita buatkan kartu nikahnya, di KUA (kantor urusan agama) Sekupang. Tapi itu ujicoba. KUA lain belum ada,” kata Erizal di Batam Centre, Sabtu (1/12).

Ia akui Kemenag Batam sudah menerima blangko kartu nikah. Ada sekitar 500 blangko yang diterima dari Kantor Wilayah Kemenag Kepulauan Riau. Namun pihaknya belum melakukan pencetakan massal karena menunggu arahan pusat.

“Untuk pencetakan kami masih menunggu instruksi lebih lanjut dari pusat. Senin (3/12), di Hari Bhakti Kemenag juga akan kita sosialisasikan mengenai kartu nikah ini,” ujarnya.

Erizal mengatakan untuk penerbitan kartu nikah ini akan diprioritaskan bagi pasangan baru menikah. Sementara pasangan yang sudah lama, tidak prioritas karena butuh waktu untuk penarikan data.

“Misal saya, kemarin nikah di Pekanbaru. Kalau mau buat kartu nikah harus minta datanya ke Pekanbaru dulu,” kata dia.

Terkait pencetakan, menurutnya, tidak dilakukan oleh Kemenag. Tapi melalui percetakan negara. Sehingga tidak sembarang juga dalam proses pencetakan kartu nikah ini.

“Kita tidak mencetak sendiri. Mencetaknya di percetakan negara. Jadi bukan kita sembarang cetak,” tutur Erizal.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *