Basaria: Pendapatan Batam Harusnya Dua Kali Lipat

Launching implementasi sistem monitoring penerimaan pajak online, oleh Pimpinan KPK RI Basaria Panjaitan, di Batam

Media Center Batam – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai pendapatan asli daerah Kota Batam bisa mencapai dua kali lipat dari kondisi sekarang. Hal ini disampaikan Pimpinan KPK, Basaria Panjaitan usai peluncuran sistem pengawasan pajak dalam jaringan (daring) atau online di Planet Holiday Hotel, Rabu (28/11).

“Sekarang Rp1,1 triliun yang diterima Pemko Batam. Perhitungan tim kita, harusnya bisa sampai Rp2 triliun,” kata pensiunan polisi berpangkat Inspektur Jenderal ini.

Basaria mengatakan penerapan pajak daring diharapkan bisa membantu pemerintah tingkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Karena dengan sistem daring yang dibuat, harapannya semua transaksi bisa transparan.

“Supaya bisa dipantau berapa jumlahnya. Itu tujuan utama kita. Kita berharap semua pajak bisa dilakukan secara online. Tapi tak semudah yang kita bayangkan juga. Tak semua pengusaha miliki alat. Dan harus mengubah pola pengusaha. Jadi perlu komitmen pengusaha itu untuk melakukannya,” ujarnya.

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan penggunaan alat perekam transaksi (tapping box) ini tak melanggar aturan. Karena tujuannya hanya ingin mengetahui berapa transaksi di tempat usaha wajib pajak.

“Undang-undang mengatur pajak ini rahasia. Ada restoran yang enggan menggunakan mesin yang dipinjamkan karena takut datanya diambil. Kita berharap mereka pakai mesin sendiri supaya data mereka untuk sendiri,” kata dia.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan simulasi pengawasan transaksi di sebuah restoran. Begitu transaksi di mesin kasir selesai, data akan langsung masuk ke sistem di Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD). Dan saat tapping box mati atau tak terkoneksi, akan ada alarm pengingat.

Penerapan sistem daring ini hasil kerjasama Pemko Batam dengan Bank Riau Kepri. Sampai 31 Oktober 2018 telah terpasang 301 tapping box dari empat jenis usaha, yakni hotel, restoran, tempat hiburan, dan parkir khusus. Target terpasang 500 tapping box hingga akhir tahun.

Mungkin Anda juga menyukai