PT Pelabuhan Batam Cari Direktur Baru
Media Center Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam membuka pendaftaran seleksi Calon Direksi Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Pelabuhan Batam Indonesia Periode Tahun 2018-2023. Pendaftaran dimulai tanggal 22 Oktober 2018 dan ditutup pada tanggal 31 Oktober 2018 oleh Tim Seleksi Calon Direksi BUP PT Pelabuhan Batam Indonesia Kota Batam.
Sekretaris Tim Seleksi Calon Direksi BUP PT Pelabuhan Batam Indonesia Periode Tahun 2018-2023, Zurniati mengatakan seleksi terbuka Calon Direktur merupakan yang ke tiga kali atau terakhir.
“Sebelumnya sudah dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa tanggal 23 Maret 2018. Seleksi ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Pengawas atau Komisaris dan Anggota Direksi Badan Usaha Milik Daerah,” jelas Zurniati.
Terkait ketentuan umum untuk mengikuti seleksi, calon harus memiliki KTP, SKCK serta ketentuan Batas usia terhitung bulan Oktober 2018 serendah-rendahnya 35 tahun dan setinggi-tingginya tahun. Pendidikan berijazah paling rendah S1 dan pengalaman kerja minimal 5 tahun di bidang manajerial perusahaan berbadan hukum dan pernah memimpin tim. Berkas kelengkapan administrasi di scan menggunakan format pdf selanjutnya disampaikan ke Tim Seleksi Calon Direksi Badan Usaha Pelabuhan PT Pelabuhan Batam Indonesia Periode 2018-2023 melalui email panselbumd.pemkobtm@gmail.com.
Berkas juga dikirim ke panitia seleksi dengan melampirkan surat lamaran yang ditulis tangan dan ditandatangani bertinta biru bermaterai Rp6.000 dan ditujukan kepada Walikota Batam c.q. Tim Seleksi Calon Direksi Badan Usaha Pelabuhan PT Pelabuhan Batam Indonesia. Selanjutnya menandatangani pakta integritas diatas materai Rp6.000, melampirkan pas foto terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar dengan latar merah, daftar riwayat hidup (formulir III), Foto Copy (FC) akte kelahiran, FC KTP, FC NPWP, FC SPT Tahun terakhir, FC Ijazah dan transkrip nilai terakhir yang ditandatangani oleh pejabat berwenang.
“Paling lambat tanggal 31 Oktober 2018 Pukul 16.00 WIB berkas persyaratan kami terima. Surat lamaran beserta lampiran tersebut dikirim melalui pos paling lambat tanggal 31 Oktober stempel pos atau diantar langsung ke Sekretariat Tim Seleksi dengan Alamat Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kota Batam di Kantor Walikota Batam Lantai II dan diterima tim seleksi. Bagi yang terlambat akan dinyatakan gugur mengikuti tahapan seleksi selanjutnya,” jelasnya.
Tahapan tes yang akan dilalui peserta yakni Seleksi Administrasi, Tes tertulis, Assessment dan Wawancara Kompetensi Seleksi Penulisan Makalah, Presentasi dan Wawancara Teknis. Untuk mendapatkan calon direktur, menurutnya Pemko Batam melalui Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kota Batam membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi pelamar.
“Hasil seleksi administrasi dan pendaftaran ulang akan diumumkan pada 1 November 2018. Pengumuman hasil akhir 14 November, penetapan calon direktur 15 November dan persiapan pelantikan pada 19 November 2018,” katanya mengakhiri.(HP)