10 Ribu Santri Rayakan Hari Santri di Engku Putri

Media Center Batam – Santri Pondok Pesantren Ya Husnaya kibarkan bendera merah putih dalam Upacara Hari Santri tingkat Kota Batam di Dataran Engku Putri Batam Centre, Senin (22/10). Selain Paskibra, petugas upacara untuk drum band juga berasal dari santri, yaitu marching band Pondok Pesantren Al-Kautsar.

Inspektur upacara, Walikota Batam Muhammad Rudi pada kesempatan tersebut membacakan sambutan Menteri Agama di Hari Santri IV tahun 2018.

Ketua panitia, Zulkarnain mengatakan upacara ini diikuti 10.000 santri dari 32 pondok pesantren dan madrasah di Kota Batam.

“Tujuan peringatan hari santri ini adalah meningkatkan keikutsertaan santri dalam membangun negeri. Dan menanamkan nilai moral pada santri, walau di pondok pesantren tetap berpegang teguh pada persatuan bangsa,” kata Zulkarnain.

Dalam kegiatan Hari Santri juga diadakan perlombaan. Ada 12 cabang seni yang diperlombakan seperti pidato tiga bahasa, hadroh, tahfidz quran, baca kitab kuning, dan sebagainya. Kemudian empat cabang olahraga dilombakan, yaitu futsal, tenis meja, silat, dan takraw.

“Jadi ini kegiatan puncak. Setelah upacara juga ada pembekalan intrepreneur untuk siswa madrasah dan santri kelas XII di lantai IV Pemko. Kegiatan ini bekerjasama dengan Bank Indonesia, menghadirkan pemateri dari Banten, pondok pesantren yang sukses mengembangkan usaha kelapa, bahkan sudah diekspor,” kata Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kemenag Batam ini.

Menurut Zulkarnain program kewirausahaan ini akan dikembangkan juga di pondok pesantren Batam. Sehingga diharapkan santri dapat ilmu, dan ke depan bisa jadi wirausahawan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *