5.098 Lamaran CPNS Masuk ke Pemko Batam

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam, M Syahir.

Media Center Batam – Hari ini, Senin (15/10) merupakan batas akhir pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam, M Syahir mengatakan hingga Jumat (12/10) sore, jumlah pelamar CPNS untuk Pemerintah Kota Batam sudah mencapai 5.098 orang.

“Sampai semalam sudah 5.098. Terdiri dari pelamar tenaga pendidikan 2.961 orang, tenaga kesehatan 1.488 orang, dan tenaga teknis 649 orang,” kata Syahir di Batam Centre, Sabtu (13/10).

Sementara formasi yang tersedia untuk Pemko Batam yakni 363 orang. Dengan rincian tujuh formasi khusus guru tenaga honor K-2, 17 formasi untuk lulusan cumlaude dari universitas dan jurusan terakreditasi A, dua formasi bagi penyandang disabilitas, 190 formasi guru umum, 120 tenaga kesehatan umum, dan 27 tenaga teknis formasi umum.

Menurut Sahir, setiap hari tim verifikasi berkas melakukan pengecekan lamaran yang masuk. Tim berjumlah 15 orang, terdiri dari pegawai BKPSDM, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan.

Jumlah pelamar yang tidak memenuhi syarat administrasi belum dapat diumumkan. Namun menurutnya ada tiga kesalahan besar yang banyak muncul pada pendaftaran CPNS kali ini.

“Paling banyak itu kelalaian saat membuat permohonan. Misal, mestinya ditujukan ke Walikota, ini ditujukan ke Kepala BKD, Menpan, Kepala BKN, dan ada yang tak dibuat sama sekali. Mungkin terlalu semangat karena sudah lama tidak ada penerimaan CPNS, jadi tidak teliti,” paparnya.

Selain kelalaian pembuatan surat lamaran, masalah lain yang menjadikan pelamar tak memenuhi syarat yaitu Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di bawah batas minimum. Adapun IPK minimal untuk pelamar dari luar daerah yaitu 3.00, dan warga tempatan atau putra daerah 2.50.

“Kesalahan terbesar lagi itu akreditasi kampus dan prodi (program studi). Aturannya minimal B. Prodi akreditasi C tidak bisa,” ujarnya.

Setelah verifikasi administrasi, tahapan selanjutnya adalah pengumuman lolos seleksi. Lalu persiapan pelaksanaan tes Computer Assisted Test (CAT).

Lokasi ujian rencananya dilaksanakan di Kantor BKN Regional XII UPT Batam yang berlokasi di Gedung Bersama Pemko Batam. Dan lokasi kedua yaitu Gedung LAM lantai III, Batam Centre.

“Semua disiapkan Kantor BKN Regional XII Pekanbaru. Sebenarnya ada rencana perubahan dari CAT ke sistem UNBK. Tapi UNBK ini kita belum familiar. Jadi kami tawar, kembali ke CAT saja dulu,” sebutnya.

Mungkin Anda juga menyukai