APBD 2019 Diproyeksikan Rp 2,652 Triliun

Walikota Batam, Muhammad Rudi 

Media Center Batam – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam Tahun 2019 diproyeksikan sebesar Rp 2,652 triliun. Target APBD tersebut berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 1,316 triliun,  Dana Perimbangan Rp 963 miliar, Pendapatan Yang Sah Rp 302 miliar, dan Penerimaan Daerah dari Sisi Pembiayaan diperkirakan Rp 70 miliar.

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan pembangunan Kota Batam Tahun Anggaran 2019 masih difokuskan Pada peningkatan infrastruktur dan utilitas. Selanjutnya pengendalian banjir, kebersihan di kawasan perkotaan dan hinterland. Peningkatan Kualitas SDM melalui peningkatan kualitas mutu serta pelayanan pendidikan, kesehatan, dan ketenagakerjaan.

“Juga untuk peningkatan sarana dan prasarana transportasi, peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, peningkatan pengembangan kepariwisataan, fasilitas investasi dan promosi dalam rangka meningkatkan perekonomian dan daya saing Kota Batam. Melakukan pembinaan, pengendalian dan penertiban kawasan yang tidak sesuai dengan peruntukan Fasos, Fasum, dan Row,” sebut Rudi dalam Paripurna Penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Anggaran Kota Batam Dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara APBD Kota Batam Tahun Anggaran 2019 di DPRD Kota Batam, Senin (3/9).

Sementara itu alokasi belanja yang disampaikan dalam rancangan KUA dan PPAS masih lebih besar dibanding asumsi. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan antara lain masih menunggu rancangan perkiraan penerimaan dari dana transfer daerah melalui dana alokasi khusus (DAK) yang pada tahun ini menggunakan sistem Krisna dari Bappenas. Pertimbangan lainnya adalah masih menunggu perhitungan sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berjalan yang baru dapat diketahui pada triwulan III tahun 2018.

“Kami berharap dapat dilakukan kerjasama yang baik dan harmonis, sehingga arus informasi dan komunikasi antara pihak legislatif dan eksekutif dapat berjalan lancar,” kata dia.

Selanjutnya rancangan KUA dan PPAS APBD Kota Batam Tahun Anggaran 2019 akan dibahas bersama anggota badan anggaran DPRD Kota Batam dan tim anggaran Pemko Batam.(HP)

Mungkin Anda juga menyukai