KPU Batam Ajak Siswa Jadi Pemilih Cerdas

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mengajak siswa menjadi pemilih cerdas. Sosialisasi kepada pemilih pemula untuk Pemilu 2019 ini diadakan di SMKN 1 Batam, Jumat (31/8).

Media Center Batam – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mengajak siswa menjadi pemilih cerdas. Sosialisasi kepada pemilih pemula untuk Pemilu 2019 ini diadakan di SMKN 1 Batam, Jumat (31/8).

“Siswa SMKN 1 Batam harus jadi pemilih cerdas. Di antaranya dengan memastikan namanya terdaftar dalam DPT (daftar pemilih tetap), tidak menerima informasi hoax, fitnah, dan kampanye hitam, re-check informasi dan rekam jejak calon, serta menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019,” kata Komisioner KPU Kota Batam, Zaki Setiawan

Di hadapan ratusan siswa SMKN 1, ia menerangkan bahwa pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden dan Wakil Presiden, serta DPRD. Pemilu dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya, Pemilu 2019 dilaksanakan serentak antara pemilu legislatif dan  pemilu presiden.

“Partisipasi pemilih pemula sangat strategis pada pemilu. Mengingat satu suara sangat menentukan nasib bangsa,” ujarnya.

Berdasarkan data Disdukcapil Kota Batam, ada sekitar 27.315 pemilih pemula yang telah merekam atau mengantongi e-KTP. Terdiri atas 1.990 pemilih berusia 17 tahun, 11.191 pemilih berusia 18 tahun, dan 14.134 pemilih berusia 19 tahun. Mereka baru akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

Sosialisasi ini digelar Badan Kesbangpol Kota Batam. Selain dari KPU, Badan Kesbangpol juga menghadirkan pemateri Anggota Bawaslu Kota Batam, Bosar Hasibuan.

Mungkin Anda juga menyukai