Petugas Kloter 01 Sempat Terpisah dari Jemaah

Media Center Batam – Ketua kelompok terbang (kloter) 01 debarkasi Hang Nadim Batam (BTH), Mustafa mengatakan sempat terjadi sedikit masalah ketika rombongan tiba di Madinah, Juli lalu. Mustafa mengatakan kendala muncul saat petugas kloter tidak bisa bergabung ke jemaah haji.

“Kami petugas kloter tidak bisa masuk ke kloter. Kami disuruh keluar bus. Karena di paspor tidak ada stiker calon jemaah haji,” kata Mustafa dalam penyambutan jemaah haji di Asrama Haji Batam, Selasa (28/8).

Meski begitu jemaah haji tetap dibolehkan untuk melanjutkan perjalanan. Dari bandara jemaah langsung masuk ke hotel. Sementara itu petugas kloter berkoordinasi dengan panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) di Arab Saudi. Kemudian barulah menyusul jemaah ke hotel dengan menggunakan transportasi lain.

Pada kesempatan tersebut, Mustafa menyampaikan terima kasih kepada seluruh petugas haji termasuk ketua rombongan dan ketua regu yang telah bekerjasama untuk melayani jemaah. Dan kepada jemaah ia mengucapkan maaf bila ada pelayanan yang kurang maksimal.

Terkait keluhan dari ketua kloter, Kepala Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Mukhlisuddin mengatakan hal ini terjadi karena petugas belum terbiasa saja. Petugas kloter bisa menghubungi PPIH di Arab Saudi untuk koordinasi.

“Mereka petugas pusat. Ini tidak menjadi hambatan sebenarnya. Karena belum biasa saja. Melalui ponsel dengan tim PPIH sudah siap semuanya,” tutur dia.

Kloter 01 debarkasi Hang Nadim Batam ini membawa pulang 445 jemaah haji. Dua jemaah kloter 01 masih tinggal di Arab Saudi karena sakit. Satu jemaah berasal dari Kota Tanjungpinang dan satu lainnya berasal dari Kota Batam.

Mungkin Anda juga menyukai