Bunyi Sirine Tanda Dimulainya Upacara Detik-detik Proklamasi

MEDIA CENTER BATAM- Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggelar upacara peringatan ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Dataran Engku Putri, Jumat (17/8). Upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ditandai dengan dibunyikannya sirine secara serentak. Walikota Batam, Muhammad Rudi yang bertindak sebagai inspektur upacara hadir beserta istri, Marlin Agustina Rudi.

Turut hadir, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad berserta istri Erlita Sari Amsakar, pimpinan forum komunikasi perangkat daerah, pimpinan OPD, camat, lurah, anggota TNI/Polri, veteran, perwakilan instansi vertikal serta tokoh masyarakat dan LSM di Kota Batam. Teks Proklamasi kemerdekaan dibacakan oleh Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto. Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Batam, Erizal Abdullah pada upacara itu bertugas membacakan doa.

Adapun yang menjadi komandan upacara, Akp Ricky Firmansyah, Kapolsek Batu Ampar dan selaku perwira Kompol Isa Imam Syahroni, Kasat Intelkam Polresta Barelang. Sebelum upacara detik-detik Proklamasi berlangsung, Walikota menyerahkan bendera Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Chintia Rahayu Anggrainy siswi dari MAN 2 Batam bersama Resty Putry Elisya (apit kanan) dari siswa SMA Negeri 1 Batam dan (apit kiri) Aisyah Tiara Pramytha dari SMA Negeri 4 Batam.

Selaku komandan kelompok Paskibraka Aqil Siath Arriawi, siswa dari SMA Negeri 3 Batam. Pembawa baki bendera, Jasmine Nandini Kaur siswi SMA Negeri 20 Batam, pengibar bendera, Muhammad Betran  Nurfahri siswa SMA Negeri 4 Batam. Sebagai pemegang bendera Haykal Pasha siswa SMA Kartini Batam dan penggerek bendera Mario Hansel merupakan siswa SMA Negeri 1 Batam.

Memaknai peringatan hari kemerdekaan ke-73 RI Walikota mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu membangun Batam. Menurutnya tidak ada yang hebat dan lebih, karena apabila dilakukan secara bersama maka hasil yang didapat lebih baik. Diakuinya selama ini lebih banyak bersantai yang menyebabkan ketertinggalan.

“Kita harus merubah semuanya. Kalau selama ini lebih banyak santai mari kita berpacu lebih cepat. Kalau dulu kecepatan 30 kita tingkatkan menjadi 80. Mari kita bersatu, tidak ada kata lain untuk membangun Kota Batam,” ujarnya usai upacara.

Memperingati hari kemerdekaan Walikota menyebut kegiatan yang akan dilakukan cukup banyak. Usai pelaksanaan upacara ia akan membuka lomba sampan layar di Kecamatan Belakang Padang. Selanjutnya pemberian remisi di Lapas LPKA II Batam yang akan dihadiri Wakil Walikota.

“Acara cukup banyak dalam memperingati hari kemerdekaan. Lomba sampan layar, pemberian remisi, dilanjutkan nanti malam acara malam resepsi di BWP. Sabtu lanjut upacara Pramuka dan siangnya pawai pembangunan,” sebut Rudi.(HP)

Mungkin Anda juga menyukai