Penyalaan Obor oleh Danlanal Tandai Mulainya Taptu

pawai obor (taptu) peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (16/8).

Media Center Batam – Penyalaan obor oleh inspektur upacara menandai dimulainya pawai obor (taptu) peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (16/8). Pawai obor HUT ke-73 RI tingkat Kota Batam digelar di kawasan Jodoh-Nagoya. Rute dimulai di depan Hotel Pacific Jodoh, dan berakhir di Wihara Windsor Nagoya.

Inspektur upacara, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan menyalakan obor yang dibawa empat orang perwakilan peserta pawai. Yakni dari AL, Kepolisian, Satpol PP, dan pelajar.

Keempat perwakilan ini kemudian kembali ke barisan untuk menyalakan obor secara serentak. Dalam sekejap suasana gelap di lokasi upacara menjadi terang dari nyala api suluh peserta taptu.

Peserta pawai terdiri dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Ditpam BP Batam, organisasi kemasyarakatan Pemuda Pancasila, instansi vertikal seperti Bea Cukai, Imigrasi, serta pelajar anggota Pramuka.

“Jumlah peserta pawai 350 orang, di luar marching band. Intinya aparat pemerintah komplit,” tutur Iwan.

Barisan pawai kemudian mulai bergerak setelah Walikota Batam, Muhammad Rudi melepas bendera start. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Batam mendampingi Walikota dalam pelepasan pawai.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengatakan pawai obor ini merupakan agenda rutin dalam rangkaian HUT RI. Kegiatan ini menjadi agenda wajib yang dilaksanakan tiap tahun.

“Banyak sekali rangkaian. HUT Pramuka, taptu, renungan suci, detik proklamasi, pemberian remisi, penurunan bendera. Rangkaian itu seluruh FKPD punya tugas masing-masing. Sekarang inspektur upacaranya Danlanal, malam nanti (renungan suci) Komandan Kodim. Kegiatan ini untuk membuat spirit agar selalu merasakan semangat kemerdekaan,” papar Amsakar.

Mungkin Anda juga menyukai