Semarak Kampung Merdeka Dinilai Sepanjang Agustus

Media Center Batam – Pemerintah Kota Batam menggelar berbagai lomba merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 RI tahun ini. Satu di antaranya yaitu Semarak Kampung Merdeka 2018.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Batam, Rudi Panjaitan mengatakan lomba Semarak Kampung Merdeka ini dibagi menjadi lima kategori. Yakni Kategori Kampung Tua, Kampung Nelayan untuk wilayah pulau penyangga (hinterland), Kavling Siap Bangun, Perumahan Sederhana dan Sedang, serta Perumahan Mewah atau Elite.

“Penilaiannya itu dari kesemarakan dalam menyambut dan merayakan Hari Kemerdekaan RI di lingkungan tempat tinggal warga,” kata Rudi di Batam Centre, Senin (30/7).

Ia mengatakan kesemarakan HUT RI ini diharapkan berlangsung selama bulan Agustus. Kriteria penilaian antara lain kedisplinan warga menaikkan bendera di depan rumah. Kemudian kebersihan lingkungan terjaga, gapura dihias corak kemerdekaan, dan sebagainya.

“Kita juga melihat event yang dilaksanakan, yang bersifat merakyat, misal lomba-lomba dalam rangka 17-an. Selain itu juga dinilai dari kerukunan warganya,” tutur mantan Kabid Dinas Pariwisata ini.

Rudi mengatakan kampung atau perumahan terbaik tiap kelurahan akan dilombakan di tingkat kota. Total hadiah yang diperebutkan yakni Rp 54 juta.

Adapun tim penilai terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Seperti Dinas Lingkungan Hidup untuk penilaian kebersihan, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang untuk gapura hias, dan Badan Kesbangpol untuk kerukunan warganya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *