BKI Gelar Seminar Hukum Pengelolaan Lingkungan Maritim

Walikota Batam Muhammad Rudi

Media Center Batam – Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) menggelar Seminar Lingkungan Hidup, Jumat (20/7) di Gedung BKI Batuampar. Seminar ini dihadiri Walikota Batam, Muhammad Rudi, Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama Ribut Eko Suyatno. Selaku narasumber seminar bertemakan “strategis optimalisasi dalam perspektif hukum pengelolaan lingkungan di industri maritim Batam” ini adalah Guru Besar hukum lingkungan, Syamsul Arifin.

Arif Cahyono, Ketua Panitia seminar lingkungan hidup mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk berbagi informasi terkait isu strategis dan inovasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi di bidang kelautan.

“Peserta seminar adalah mahasiswa Magister Hukum Uniba dan praktisi hukum,” katanya.

Walikota Batam, Muhammad Rudi dalam sambutannya mendukung penuh kegiatan yang diselenggarakan oleh BKI. Diakuinya pencemaran laut mengakibatkan kerusakan ekosistem laut. Ini menurutnya bukan hanya bersumber dari pencemaran yang berasal dari kapal saja melainkan dari darat juga.

Pada kesempatan itu Rudi juga menjelaskan rencana pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Lima tahun menjabat sebagai Walikota ia berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur jalan di Batam bagian Timur.

“Tidak mudah untuk membuka jalan ini tanpa dukungan dari masyarakat ini tidak akan terlaksana. Selesai pembangunan jalan Batam Bagian Timur insyaallah tahun 2020 dan untuk Batam bagian Barat akan dilanjutkan oleh walikota selanjutnya,” sebut Rudi.

Rudi juga mengajak agar mahasiswa dapat berperan dalam pembangunan yang dilakukan Pemko Batam. Pembangunan infrastruktur jalan yang dilakukan Pemko Batam dengan tujuan menjadikan Batam sebagai kota pariwisata. 

“Jalan di depan Camo Industri akan dijadikan sebagai pusat kuliner dan di depan Edukits Batamcentre akan dibuat sebagai pusat belanja seperti di Singapura. Oleh karena itu kalian yang masih muda harus mengambil peran untuk mendukung pariwisata di Kota Batam,” katanya.

Ia mengatakan data dari BPS kunjungan wisata asing triwulan pertama tahun 2018 meningkat 18 persen dan perekonomian Provinsi Kepri sudah tumbuh 4,47 persen. Mengakhiri sambutannya Rudi mengajak agar mendukung pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. 

“Apa yang dilakukan untuk rakyat Kota Batam dan menjadikan Batam menjadi maju dan modern,” ucapnya.

Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama Ribut Eko Suyatno memaparkan tentang visi misi Danlantamal dalam mendukung Pemerintah Daerah untuk menjaga keamanan laut.

Dalam kesempatan itu Rudi menerima cinderamata dari Dekan Fakultas Hukum Uniba, Idam. Selanjutnya Walikota juga melakukan penanaman pohon bersama di halaman gedung BKI.(HP)

Mungkin Anda juga menyukai