Dua Ulama Ramaikan Tabligh Akbar Muharram

Media Center Batam – Dua ulama besar Indonesia akan hadir dalam Tabligh Akbar Kemilau Muharram 1440 H Tingkat Kota Batam, Sabtu (11/8). Acara yang dilaksanakan di Jalan Raja Haji Fisabilillah depan Edukits Batam Centre ini akan menghadirkan penceramah Ustadz Abdul Somad dan Habib Syech Abdul Qodir Assegaf.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Batam, Riama Manurung mengatakan lokasi ini diperkirakan dapat menampung hingga 70.000 orang.

“Agar seluruh masyarakat yang ada di lokasi dapat dengan jelas mendengar ceramah, panitia memasang enam layar besar di sisi kiri dan kanan panggung utama. Masyarakat yang melintas di Jalan Raja Haji Fisabilillah juga bisa menyaksikan karena panitia akan memasang layar di depan Oxley. Kita ingin acara ini benar-benar ramai maka kita buat berbeda dengan tampilan sebelumnya,” kata Riama dalam rapat persiapan di Kantor Walikota Batam, Selasa (17/7).

Habib Syech Abdul Qodir Assegaf akan tampil bershalawat dengan diiringi kelompok hadroh.  Setelah itu dilanjutkan ceramah agama oleh Ustadz Abdul Somad.

Panitia juga telah menyiapkan area tempat shalat di lokasi acara. Karena diperkirakan masyarakat mulai hadir sebelum Maghrib. Sehingga warga bisa menunaikan Shalat Maghrib di lokasi.

“Kita sudah tentukan arah kiblatnya dan mengecek ke lokasi. Untuk wudhu kita sudah minta Dinas Lingkungan Hidup untuk menyiapkan mobil air bersih. Wudhu antara laki-laki dan perempuan kita siapkan terpisah,” ujarnya.

Peringatan tahun baru islam ini tak hanya selesai dengan tabligh akbar. Ada rangkaian kegiatan lainnya. Yakni doa akhir dan awal tahun serta pawai ta’ruf pada September mendatang.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengundang seluruh masyarakat khususnya umat muslim Kota Batam untuk menghadiri kegiatan yang digelar Pemko Batam ini. Kepada tokoh agama yang ikut dalam rapat, Amsakar berpesan agar menginformasikan tentang acara ini ke masyarakat pada setiap kesempatan pertemuan.

“Tiap OPD (organisasi perangkat daerah) yang telah diberi tugas agar dapat berkoordinasi dan menjalankan tugas serta tanggungjawab masing-masing sehingga acara berjalan lancar. Seperti Dishub bertanggungjawab mengatur parkir dan Satpol PP bertanggungjawab untuk menjaga keamanan berkoordinasi dengan TNI/Polri,” kata Amsakar.

Undangan yang sama disampaikan Walikota Batam, Muhammad Rudi. Kepada umat muslim yang akan hadir di Tabligh Akbar, Rudi mengajak untuk menyeragamkan pakaian dengan nuansa putih.

“Ayo kita ramaikan. Dan seluruh yang hadir menggunakan pakaian putih-putih. Sama-sama kita ramaikan sehingga kegiatan tabligh akbar ini bisa menjadi contoh ke depannya,” ujar Rudi.

Mungkin Anda juga menyukai