Flyover Simpang Kabil Usulan Prioritas di Musrenbangnas

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Yumasnur

Media Center Batam – Jalan layang (flyover) Simpang Kabil menjadi prioritas usulan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) dalam musyawarah perencanaan pembangunan nasional. Selain itu, lanjutan pembangunan jalan dari Sei Harapan ke Simpang Base Camp juga menjadi usulan prioritas.

“Yang diprioritaskan Flyover Simpang Kabil. Kemudian jalan Sei Harapan-Simpang Base Camp untuk lanjutkan pengaspalannya,” kata Kepala Dinas BMSDA Kota Batam, Yumasnur di Kantor Walikota Batam, beberapa waktu lalu.

Usulan lain yang dimasukkan di musrenbangnas yakni lanjutan pembangunan jalan dari Simpang Tembesi ke jembatan Barelang. Saat ini baru sekitar sepertiga ruas jalan yang sudah terpisah lajur kiri dan kanannya. Sedangkan sisanya masih satu lajur untuk tiap jalur.

Selain jalan, penanganan banjir di ruas jalan nasional juga diusulkan dalam musrenbangnas di Jakarta awal Mei lalu. Titik banjir di ruas jalan nasional di Kota Batam antara lain di Simpang Kepri Mall atau Simpang Kabil, jalan depan perumahan Simpang Raya arah Bandara, kawasan Batuaji, hingga Sekupang.

“Untuk drainase kita usulkan pembangunan drainase di daerah Marina City. Dan lanjutan di Tanjungpiayu. Tahun ini mulai, kalau bisa tahun depan dilanjutkan,” sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah Kota Batam, Wan Darussalam mengatakan usulan dana alokasi khusus dari Pemerintah Kota Batam mencapai Rp 500 miliar. Sedangkan pendanaan dari APBN dengan nilai yang diajukan sebesar Rp 700 miliar.

Pengajuan ini, kata dia, sudah melalui mekanisme pembahasan di musrenbang tingkat Provinsi Kepulauan Riau. Dan sudah masuk dalam sistem elektronik musrenbang nasional.

Mungkin Anda juga menyukai