90 Persen DP4 Selesai Dicoklit

Media Center Batam – Sebanyak 90 persen dari 826.300 daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) Kota Batam sudah dilakukan pencocokan dan penilitian (coklit) oleh panitia pendaftar pemilih (pantarlih). Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Agus Setiawan mengatakan sesuai jadwal, coklit berakhir Kamis (17/5).

“Hari ini terakhir. Sampai kemarin sudah 90 persen lebih. Hari ini masih coklit, sampai jam 6 sore (18.00),” kata Agus, Kamis (17/5).

Setelah coklit selesai, tahap selanjutnya yaitu pemetaan di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) kelurahan. Tujuannya untuk melihat berapa persen data riil penduduk yang sesuai dengan DP4.

Waktu untuk pemetaan atau mapping di PPS sekitar satu bulan. Hasil dari coklit dan mapping DP4 ini kemudian diserahkan ke KPU untuk diplenokan. Menurut jadwal KPU, pleno dilaksanakan pada 15-17 Juni 2018 mendatang.

“Kemudian kita serahkan ke Provinsi, dari Provinsi ke pusat. Baru ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS),” ujarnya.

Komisioner KPU, Jernih Siregar mengatakan bagi masyarakat yang belum terdata oleh pantarlih, bisa melapor ke PPS. Agar namanya bisa dimasukkan sebagai calon pemilih dalam Pemilu, April 2019 mendatang.

“Yang belum didata, lapor ke PPS sesuai alamat masing-masing,” kata Jernih.

Mungkin Anda juga menyukai