Warga Antusias Jemput Sembako Bersubsidi

By Kartika 17 Jul 2017, 08:06:07 WIBKabar Batam

Warga Antusias Jemput Sembako Bersubsidi

Keterangan Gambar : Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad (Kanan) menyerahkan sembako murah ke masyarakat galang di halaman Kantor Camat Galang, Sabtu (15/7).


Media Center Batam - Masyarakat Kecamatan Galang antusias menyambut program bahan pokok (sembako) murah dari Pemerintah Kota Batam. Pembagian sembako murah ini diadakan sejalan dengan Halal Bihalal bersama Walikota-Wakil Walikota Batam di halaman Kantor Camat Galang, Sabtu (15/7).

Sejak pagi masyarakat sudah berkumpul untuk halal bihalal sekaligus menunggu pembagian sembako murah. Sebanyak 2.744 paket sembako dibagikan untuk Kecamatan Galang.

Tokoh masyarakat, Bakri menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan sembako bersubsidi tersebut. "Perlu dipahami, ini bukan gratis, tapi sembako murah. Tapi ini sangat membantu kami masyarakat," ujarnya.

Camat Galang, Amri Amis mengatakan jumlah paket sembako ini lebih banyak dari rumah tangga sasaran (RTS) penerima bantuan umumnya. Jumlah masyarakat miskin yang selama ini dibantu berbagai program pemerintah ada 2.100an. Artinya ada tambahan sekitar 600 rumah tangga lagi yang terbantu dengan sembako murah ini.

Karena Galang merupakan kecamatan yang memiliki beberapa pulau, maka pembagian sembako murah ini dikoordinasikan dengan pihak kelurahan. Warga yang berada di pulau terpisah dari daratan utama, bisa mengambil sembakonya ke kelurahan masing-masing. Kebijakan ini diambil guna mempermudah masyarakat dalam menikmati bantuan yang diberikan pemerintah.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengatakan Pemko Batam menganggarkan Rp 1,6 miliar untuk pengadaan 30.730 paket sembako. Sembako ini dijual ke masyarakat dengan harga jauh lebih murah dari harga aslinya.

Paket berisi 5 kg beras premium, 2 liter minyak goreng, dan 1 kg gula pasir hanya perlu ditebus warga dengan harga Rp 50.000. Sementara harga paket sembako sebelum subsidi yaitu Rp 102.000.

"Sembako murah yang kita bagikan ini merupakan jatah setahun. Tapi atas perintah Walikota, dibagi habis di bulan Juli. Untuk Agustus sampai akhir tahun, diajukan lagi di APBD Perubahan. Karena kita tahu kondisi masyarakat sekarang sedang berat," kata Amsakar.

Sembako murah ini didistribusikan secara bertahap dalam dua pekan ke 12 kecamatan di Kota Batam. Tiap kecamatan mendapat jumlah yang berbeda. Jumlah terbanyak di Kecamatan Sagulung, 4.200 paket.

Karena jumlah paket terbatas, maka penerima bantuan sembako murah ini sudah ditentukan nama-namanya. Berdasarkan hasil koordinasi Kecamatan, Kelurahan, hingga RT/RW. Setiap penerima bantuan diberi kupon yang bisa ditukar dengan paket sembako murah di hari pembagian.

Program sembako murah ini disambut baik masyarakat. Tampak dari antusiasme di setiap kecamatan saat pembagian sembako. Seperti di Sei Beduk dan Nongsa, masyarakatnya rela mengantre di tengah rintik hujan demi membawa pulang sembako bersubsidi.

"Alhamdulillah. Ini sangat membantu. Setiap tahun saya dapat," kata Wan Raudiah, warga Nongsa Pantai saat ditemui di Kavling Sambau Kecamatan Nongsa, Jumat (14/7).



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook