WannaCry Jadi Pelajaran Pentingnya Pengamanan Informasi

By Kartika 18 Mei 2017, 14:47:24 WIBKabar Batam

WannaCry Jadi Pelajaran Pentingnya Pengamanan Informasi

Keterangan Gambar : Sosialisasi kesadaran keamanan informasi dan persandian di Aula Kantor Walikota Batam, Kamis (18/5).


Media Center Batam - Penyanderaan data rumah sakit oleh program komputer jenis ransomware bernama WannaCry menjadi pelajaran tentang pentingnya pengamanan informasi. Hal ini disampaikan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Walikota Batam, Sadri Khairuddin dalam acara sosialisasi kesadaran keamanan informasi dan persandian di Aula Kantor Walikota Batam, Kamis (18/5).

"WannaCry ini juga membuat kita jadi waswas gunakan komputer. Dari kejadian tersebut, menunjukkan peran dan fungsi persandian ini sangat diperlukan untuk mem-backup dan menjaga informasi," kata Sadri.

Lemahnya kesadaran akan pentingnya data membuat kita sering lalai dalam pengamanan informasi. Dan persandian ini memiliki peran penting dalam pengamanan informasi tersebut.

"Sandi ini banyak di hidup kita. Bahkan di HP kita pun ada sandi, untuk mencegah orang lain mengakses HP kita," kata Sadri.

Sosialisasi kesadaran keamanan informasi dan persandian ini diikuti 100 pejabat eselon IV di lingkungan Pemerintah Kota Batam. Peserta diberikan pemahaman tentang pentingnya keamanan informasi melalui persandian. Pemahaman disampaikan langsung oleh narasumber dari Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

"Mengapa kita perlu mengamankan informasi? Karena informasi adalah aset strategis bagi setiap individu, organisasi bahkan negara," kata Arie Dewi, narasumber dari Lemsaneg.

Menurutnya setiap informasi yang dikeluarkan badan publik atau penyelenggara pemerintah harus memenuhi beberapa aspek. Yaitu asli atau benar dari pihak yang berwenang, isinya utuh, tersedia dan dapat diakses oleh pihak yang membutuhkan, serta wajib dijaga keamanan dan kerahasiaannya.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan pentingnya pengklasifikasian informasi. Klasifikasi informasi yang efektif, akan membuat informasi mudah dimengerti serta mudah digunakan dan dipelihara.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook