Puisi ‘Amboi Mak Oi’ Amsakar Achmad Pukau Penonton KSM

By Kartika 28 Nov 2016, 07:17:06 WIBBidang Pariwisata

Puisi ‘Amboi Mak Oi’ Amsakar Achmad Pukau Penonton KSM

Keterangan Gambar : Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad membacakan puisi dalam gelaran Kenduri Seni Melayu, Sabtu (26/11)


Media Center Batam – Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, tampil membacakan puisi dalam perhelatan Kenduri Seni Melayu 2016 di halaman parkr Kepri Mall, Sabtu (26/11). Di hadapan ratusan pengunjung dan tamu undangan yang hadir di hari kedua KSM tersebut, Amsakar tampil memukau membawakan puisi yang bertemakan sosial tentang kondisi yang ada di masyarakat.

Amsakar membawakan dua buah puisi yang berjudul “Amboi Mak Oi” dan “Sejarah yang Tak Terbaca”. “Puisi ini menyiratkan ada harapan besar dari masyarakat terhadap berbagai masalah yang terjadi dan diharapkan kita mampu menyelesaikannya bersama-sama”, ujar Amsakar usai membacakan puisi.

Sementara puisi Sejarah yang Tak terbaca lugas disampaikan tanpa membaca teks oleh pria yang juga menjabat Wakil Walikota Batam ini. Tak jauh dari puisi pertama, pesan Sejarah yang Tak Terbaca melihat pada situasi yang terjadi saat ini dikaitkan dengan masa lalu Batam dan masa depan yang diharapkan.

Pada malam tersebut tampil penyair-penyair dari berbagai kalangan dan negara, satu persatu menunjukkan karya dan kompetensinya di dunia sastra, khususnya melayu. Diantaranya Rohani Din (Singapura), Nik Rakib Nik Hassan (Thailand), Tarmizi (Rumah Hitam), Stefano Bagaskara, Sudirman el Batamy, Rahmanidar dan beberapa penyair nusantara lainnya.

Selain puisi dan syair, juga ditampilkan tari kontemporer yang dibawakan Candas Creative Company dari Brunei Darussalam. Ini merupakan kali pertama perwakilan Brunei tampil dalam gelaran Kenduri Seni Melayu di Batam. Dalam KSM ini juga ditampilkan Kumpulan Seni Attrians Singapura, Kumpulan Seni Seremban Negeri Sembilan Malaysia, dan Kumpulan Seni Songklha University Thailand.

Sebelumnya, KSM resmi dibuka oleh Walikota Batam Muhammad Rudi pada Jumat malam ditandai dengan menabuh kompang. Hari pertama perhelatan Kenduri Seni Melayu diisi dengan penampilan tari-tarian, baik dari Batam, dan beberapa negara serumpun Melayu lainnya. Adapun tari yang dibawakan mulai dari tarian berirama lambat hingga cepat. Ada yang menggabungkan beberapa seni, seperti seni silat dan seni tari. Bahkan digabungkan dengan pembacaan narasi bertemakan kebhinekaan Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan para pesohor negeri Gurindam Dua Belas ini akan tampil pada malam kedua pelaksanaan KSM 2016. Sementara pembukaan dilaksanakan pada Jumat (25/11) dan ditutup pada Minggu (27/11). Acara digelar di pelataran parkir Kepri Mall, Batam.

"Kenduri Seni Melayu ini merupakan agenda tahunan Pemerintah Kota Batam. Diadakan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Batam. Tahun ini Kota Batam memperingati hari jadi yang ke-187, tepatnya pada 18 Desember mendatang,", kata Yusfa.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. custom essay services 03 Mar 2017, 14:43:18 WIB

    Exceptionally fascinating publication. A considerable measure of article I see nowadays don't generally give anything that I'm keen on, yet I unquestionably intrigued by this one

    Dharmawan 22 Apr 2017, 17:31:14 WIB

    sama dengan proses pembuatan bata / batako terdahulu.
    http://www.gudangbesibaja.com
    http://pabr ikbesiwfjakarta.blogspot.com/
    http://www.undangancinta .com
    http://www.undangancinta.com
    http://www.undang ancinta.com

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Fanpage MC Batam

Jejak Pendapat

Bagaimana Tampilan Baru Media Center Sekarang ini ?
  Sangat Jelek
  Jelek
  Biasa Saja
  Bagus
  Sangat Bagus

Komentar Terakhir

  • whatsapp plus apk

    WhatsApp Plus is a full featured app for messaging service, downloading it you can ...

    View Article
  • Finance training Hyderabad

    Finance training Hyderabad Finance Training classes in Hyderabad - Find reviews, ...

    View Article
  • Coursework Writing

    The normal outcome through rakornis is the accomplishment of equity of discernment and ...

    View Article
  • bulk texting service

    The main Source to send business SMS from organization name at shabby SMS rates for ...

    View Article