Mal dan Hotel Diminta Siapkan Mushola yang Nyaman

By Kartika 11 Jul 2017, 12:14:29 WIBBidang Pariwisata

Mal dan Hotel Diminta Siapkan Mushola yang Nyaman

Keterangan Gambar : Kepala Disbudpar Batam, Pebrialin


Media Center Batam - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sudah menyurati mal-mal dan hotel terkait fasilitas mushola atau ruang ibadah umat muslim. Melalui surat tersebut Pemerintah Kota Batam berharap pengelola mal dan hotel menyediakan fasilitas mushola yang memadai serta nyaman.

"Kita juga sudah turun ke beberapa hotel, sambil sosialisasi. Kita sampaikan kalau mal, hotel dingin, musholanya juga harus dingin, pasang AC (pendingin ruangan)," kata Kepala Disbudpar Batam, Pebrialin, Senin (9/7).

Menurutnya, tanggapan pengelola mal dan hotel sejauh ini positif. Mereka menyadari kalau mushola ini juga menjadi sarana yang dibutuhkan pengunjung.

Mushola di hotel juga perlu disiapkan tempat yang nyaman karena sebagian besar hotel di Batam menjadi lokasi Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE). Jadi pengunjung hotel bukan hanya tamu yang menginap tapi juga peserta MICE.

Permintaan pengelola mal sediakan mushola ber-AC ini merupakan perintah langsung dari Walikota Batam, Muhammad Rudi. Ia mengatakan selama ini banyak umat muslim yang protes dengan kondisi mushola di mal. Oleh karena itu ia berharap pengelola mal bisa beri fasilitas ibadah yang nyaman.

"Nanti semua kita cek. WC nya juga, air. Saya sidak semua," kata Rudi.

Menurut Rudi, fasilitas ini tidak hanya ditujukan bagi wisatawan. Tapi juga untuk masyarakat Kota Batam umumnya.

"Setelah kita cek, orang yang datang ini muslimnya lebih besar. Makanya kenyamanan mushola ini penting. Tapi tak cuma untuk turis yang datang, untuk masyarakat kita juga, untuk saya sendiri juga," kata dia.

Rudi mengatakan pemerintah bisa saja mempertimbangkan kembali izin yang sudah diberikan kepada pengelola mal. Apabila mal tidak mengindahkan surat edaran tersebut.

"Izin kan ada di kita. Tapi saya yakin itu bisa. Berapalah, untuk beli AC saja," ujarnya.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Fanpage MC Batam

Jejak Pendapat

Bagaimana Menurut anda informasi yang di tampilkan oleh Media Center ? Terima kasih atas pendapatnya
  Sangat Jelek
  Jelek
  Biasa Saja
  Bagus
  Sangat Bagus

Komentar Terakhir