Lion Air Group Bangun Rumah Karyawan di Batam

By Kartika 12 Okt 2017, 16:14:34 WIBKabar Batam

Lion Air Group Bangun Rumah Karyawan di Batam

Keterangan Gambar : Wakil Walikota Batam Amasakar Achmad saat peletakan batu pertama pembangunan perumahan BPJS-Lion Residence, Kamis (12/10).


Media Center Batam - Lion Air Group bersama BPJS Ketenagakerjaan membangun perumahan karyawan di Jalan Hang Jebat, Kecamatan Nongsa. Sebanyak 400-600 rumah dibangun di lahan seluas 88.329,57 meter persegi.

Rumah untuk karyawan Batam Aero Technic (hanggar pemeliharaan pesawat milik Lion Air) ini dibangun dalam beberapa tipe, subsidi dan non subsidi. Lokasi perumahan yang diberi nama Lion Residence ini berjarak 3 kilometer saja dari Batam Aero Technic di Bandara International Hang Nadim.

Direktur Utama Lion Group, Edward Sirait mengatakan pembangunan rumah pekerja ini dalam rangka memenuhi kebutuhan primer karyawan Lion. Adapun jumlah karyawan yang ada di Batam Aero Technic saat ini sebanyak 1.020 orang.

"Kami memiliki 27 ribu pekerja. Semua terdaftar di BPJS. Begitu masuk, langsung masuk BPJS dan punya NPWP. Perumahan ini untuk memenuhi salah satu kebutuhan utama, papan (tempat tinggal)," kata Edward dalam acara peletakan batu pertama pembangunan perumahan BPJS-Lion Residence, Kamis (12/10).

Ia mengatakan Batam Aero Technic merupakan pusat perawatan pesawat dengan nilai investasi mencapai Rp 7 triliun. Tidak hanya untuk pemeliharaan pesawat milik Lion Air, tapi juga menyasar maskapai penerbangan lain, termasuk internasional.

"Ini bukan yang kita bangun untuk jangka pendek. Jika seluruh tahapan pembangunan selesai, 10.000 orang akan bekerja di sana. Seperti pesan Pak Wakil Walikota, jangan sampai kerja di Batam Aero Technic  tapi rumahnya di ruli. Kita punya visi yang sama. Hari ini kerja bersama kita wujudkan," ujarnya.

Edward mengatakan perumahan serupa akan dibangun di Lebak, Banten. Saat ini terdapat 10 ribu karyawan Lion yang bekerja di bandara Jakarta. Dan rencananya Lion akan membangun bandara kedua di sana.

Pemerintah Kota Batam mengapresiasi upaya bersama antara BPJS Ketenagakerjaan, Lion Air Group, Bank BTN, dan PT Sarana Global Utama selaku pengembang dalam menyediakan rumah bagi pekerja tersebut. Ikhtiar kolektif ini merupakan sebuah terobosan luar biasa dari dunia usaha dalam rangka mendukung program penataan kota yang sedang dilakukan pemerintah daerah.

"Sebelumnya badan usaha hanya bangun usaha di Batam. Pekerja hidup di mana, urusan lain. Berbeda dengan Lion Air. Kita harap bisa jadi referensi, contoh agar perusahaan besar lainnya ke depan juga bisa memikirkan kebutuhan tenaga kerjanya seperti ini," kata dia.

Apresiasi senada juga disampaikan Direktur Kelembagaan dan Hubungan Industrial Kementerian Tenaga Kerja, Aswansyah. Menurutnya fasilitas perumahan ini merupakan bentuk upaya Lion Air dalam mewujudkan kesejahteraan karyawan.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Fanpage MC Batam

Jejak Pendapat

Bagaimana Menurut anda informasi yang di tampilkan oleh Media Center ? Terima kasih atas pendapatnya
  Sangat Jelek
  Jelek
  Biasa Saja
  Bagus
  Sangat Bagus

Komentar Terakhir