Intervensi TPID Tekan Harga Pasar

By Kartika 19 Jun 2017, 09:54:37 WIBKabar Batam

Intervensi TPID Tekan Harga Pasar

Keterangan Gambar : Pasar Murah Batu Ampar


Media Center Batam - Harga bahan pangan di pasar-pasar Kota Batam selama Ramadhan hingga jelang Idul Fitri ini tidak naik signifikan. Hal ini diakui langsung oleh warga Batuampar, Suminah.

"Biasanya di pasar naiknya gila-gilaan. Tapi alhamdulillah tahun ini tidak," ujarnya saat ditemui di Pasar Murah di Batuampar, Minggu (18/6).

Di pasar murah yang digelar Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) ini, Suminah membeli beberapa komoditas. Satu di antaranya yaitu bawang putih yang beberapa waktu terakhir harganya sempat melonjak hingga lebih dari Rp 50 ribu per kilogram (/kg). Sementara di pasar murah ini, warga bisa mendapatkan bawang putih dengan harga Rp 20 ribu/kg.

Ketua TPID Kota Batam yang juga Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin mengatakan pemerintah akan terus berupaya mengendalikan harga bahan pokok. Berbagai upaya dilakukan, tidak hanya saat peringatan hari besar keagamaan tapi juga untuk jangka panjang.

"Kita terus rapat evaluasi ketersediaan pasokan. Kemudian kita upayakan bagaimana menstabilkan harga di pasar," kata Jefridin.

Upaya yang dilakukan antara lain melalui pasar murah ini. Pasar murah digelar atas kerjasama Pemerintah Kota Batam, anggota Kadin, Bulog, dan BI Kepri.

Kegiatan ini sudah kedua kalinya digelar. Pada tahap pertama pasar murah diadakan di enam kecamatan. Karena animo masyarakat tinggi, maka kembali digelar dengan lokasi yang lebih banyak, yakni 11 kecamatan.

"Alhamdulillah masyarakat antusias, ini upaya intervensi pasar agar pedagang tak naikkan harga sewenang-wenang. Kita berharap masyarakat tidak kesulitan jelang lebaran ini," kata mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah tersebut.

Kepala Bagian Perekonomian Setdako Batam, Zurniati mengatakan pasar murah ini diadakan agar masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan pangan dengan harga distributor. Sehingga lebih terjangkau dibanding beli di pasar yang sudah melalui beberapa rantai distribusi. Seperti bawang putih dijual Rp 20 ribu/kg, daging beku Rp 76 ribu/kg, telur Rp 33 ribu, bawang merah Rp 22 ribu/kg.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Fanpage MC Batam

Jejak Pendapat

Bagaimana Menurut anda informasi yang di tampilkan oleh Media Center ? Terima kasih atas pendapatnya
  Sangat Jelek
  Jelek
  Biasa Saja
  Bagus
  Sangat Bagus

Komentar Terakhir