Guru Batam Tunggu Perwako Untuk Pencairan Dana BOS

By Kartika 06 Apr 2017, 16:46:36 WIB

Guru Batam Tunggu Perwako Untuk Pencairan Dana BOS

Keterangan Gambar :


Media Center Batam - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mempertanyakan waktu pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Ketua PGRI Batam, Rustam Effendi mengatakan dana BOS ini dibutuhkan untuk membayar gaji tenaga guru honorer.

"Katanya menunggu perwako (peraturan walikota) Pak," kata Rustam kepada Wakil Walikota saat pembukaan konferensi kerja kota di Hotel Vista, Kamis (6/4).

Hal ini langsung ditanggapi Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad. Ia mengaku akan segera cek terkait perwako yang dimaksud. Ia akan usahakan agar perwako bisa sesegera mungkin ditandatangani Walikota Batam.

Rustam mengatakan saat ini terdapat 2.075 guru honorer di Batam. Dan gaji yang diberikan sudah cukup baik, jauh di atas rata-rata nasional Rp 300.000 per bulan.

"Guru honorer Batam sudah dapat gaji mendekati UMK (upah minimum kota), Rp 2,5 juta plus BPJS. Sebuah prestasi luar biasa. Guru swasta juga dapat tunjangan Rp 1 juta per bulan. Jumlahnya mencapai 4.800 orang," kata dia.

Menurut Rustam, sampai saat ini belum ada ketentuan yang mengatur berapa pendapatan minimal guru, khususnya bagi non Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tak sedikit tenaga pendidik honorer yang bergaji di bawah angka layak. Tiap daerah berbeda-beda tergantung pada kemampuan keuangan.

"Padahal keberadaan guru honorer ini penting karena kekurangan tenaga pengajar diisi oleh guru honor," ujarnya.

Pada kesempatan konferensi kerja kota ini, Rustam juga menyampaikan harapan PGRI pada pemerintah. Yakni bantuan dana dan kendaraan operasional. Menurutnya sekitar tiga tahun lalu PGRI pernah mendapat bantuan operasional sebesar Rp 30-40 juta.

"Provinsi sudah ada dua mobil. Batam, motor pun tidak ada," kata Rustam.

Ia menjelaskan konferensi kerja kota ini dilaksanakan setiap tahun. Tujuannya adalah evaluasi kegiatan yang sudah dan belum terlaksana. Serta evaluasi keuangan organisasi.

"Saat konferensi kerja nasional lalu, Kepulauan Riau dapat penghargaan dua kali berturut-turut karena melunasi iuran PGRI terbaik di Indonesia. Hasilnya PGRI dinobatkan sebagai tuan rumah konferensi kerja nasional ke-5, Januari 2018 mendatang. Dan Batam siap sebagai penyelenggaranya," kata Rustam tertuju pada Ketua PGRI Kepri.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Fanpage MC Batam

Jejak Pendapat

Bagaimana Tampilan Baru Media Center Sekarang ini ?
  Sangat Jelek
  Jelek
  Biasa Saja
  Bagus
  Sangat Bagus

Komentar Terakhir

  • Rahmad hasibuan

    Bagaimana cara saya dapat ikut program ini Saya sangat i ingin punya farm perikanan ...

    View Article
  • https://sites.google.com/site/domyessays/

    Online writing services are the finest choices to learn the new writing techniques ...

    View Article
  • Suara Burung Kacer

    Selamat idul fitri bagi yang merayakan. Salam damai ...

    View Article
  • Download Lagu

    Terima kasih informasinya sangat bagus ...

    View Article