Disdik Kepri Beli 10 Ribu Komputer Dukung UNBK

By Kartika 08 Mei 2017, 11:49:23 WIBKabar Media Center

Disdik Kepri Beli 10 Ribu Komputer Dukung UNBK

Keterangan Gambar : Kepala Disdik Kepri, Arifin Nasir


Media Center Batam - Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau membeli 10.000 unit komputer untuk persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Komputer-komputer ini dibeli dalam tiga tahun, 2017-2019.

"Tahun ini pengadaan komputer 1.000, 2018 lebih kurang 4.000, 2019 5.000 unit. Anggarannya tahun ini Rp 5,4 miliar, tahun depan sekitar Rp 20 miliar, tahun 2019 Rp 25 miliar," kata Kepala Disdik Kepri, Arifin Nasir di Batam Centre, pekan lalu.

Saat ini UNBK baru dilaksanakan di 45 persen sekolah menengah kejuruan dan 30 persen sekolah menengah atas di Kepri. Dengan pengadaan komputer ini, Disdik menargetkan pada 2019 mendatang 60-70 persen sekolah sudah gunakan komputer untuk ujian nasional.

Arifin mengatakan pada tahun pertama, pembagian 1.000 komputer akan difokuskan untuk Kabupaten Natuna, Anambas, dan Lingga. Karena saat ini UNBK baru dilaksanakan satu sekolah yakni SMAN 1 Natuna. Dan itupun meminjam komputer jinjing milik siswa.

"Itu yang akan saya perbanyak. Tapi dengan catatan jangan sampai kita kirim komputer, jaringan dan listriknya susah," kata dia.

Menurutnya, Disdik Kepri sudah menyampaikan ke Kepala Daerah agar lakukan pendekatan ke PLN dan provider internet untuk wilayah yang tidak dialiri internet dan lemahnya arus listrik. Apabila dua masalah ini telah selesai maka tiap sekolah akan mendapat bantuan hingga 25 unit komputer.

Arifin mengatakan setelah tiga tahun pengadaan nanti, Disdik Kepri akan lakukan evaluasi. Sambil meminta bantuan komputer lagi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Kita juga berupaya buat terobosan. Kita hitung-hitung bisa tidak satu sekolah kita bangun satu tower. Terutama daerah Anambas Natuna. Kita kasih Anambas lima, Natuna lima, itu saja sudah bagus. Setidaknya untuk sekolah besar. Kita beri kemudahan untuk anak sekolah," ujarnya.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook