180 Nelayan Bulang Terima Kartu Asuransi Nelayan

By Kartika 21 Feb 2017, 16:41:55 WIBKabar Media Center

180 Nelayan Bulang Terima Kartu Asuransi Nelayan

Keterangan Gambar : Walikota Batam, Muhammad Rudi bersalaman dengan nelayan Kecamatan Bulang yang menerima bantuan premi asuransi di Pulau Buluh, Selasa (21/2).


Media Center Batam - Sebanyak 180 nelayan di Kecamatan Bulang menerima Kartu Asuransi Nelayan dari PT Jasa Indonesia (Persero) atau Jasindo. Perwakilan Jasindo, Ahmad Khaerudin mengatakan untuk tahun pertama, premi asuransi ditanggung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui program Bantuan Premi Asuransi bagi Nelayan (BPAN). Adapun besaran preminya yaitu Rp 175 ribu per tahun.

"Jasindo yang merupakan perusahaan asuransi umum, bersinergi dengan program pemerintah, dalam rangka mensejahterakan nelayan seluruh Indonesia," kata Ahmad saat penyerahan Kartu Asuransi Nelayan di Pulau Buluh, Selasa (21/2).

Manfaat yang didapatkan nelayan dengan keikutsertaan di asuransi ini adalah santunan kecelakaan. Santunan berlaku baik kecelakaan di laut saat melakukan aktivitas penangkapan ikan maupun di darat.

Besaran keduanya dibedakan, yakni Rp 200 juta untuk nelayan yang meninggal saat beraktivitas di laut. Sementara untuk meninggal di luar aktivitas sebagai nelayan, diberi santunan 80 persen atau Rp 160 juta. Selain untuk meninggal dunia, cacat dan biaya perawatan dari kecelakaan pun ditanggung.

Kepala Dinas Perikanan Kota Batam, Husnaini mengatakan di Bulang sebenarnya ada 1.519 penerima kartu asuransi nelayan. Namun yang sudah diserahkan baru 180 kartu.

"Selebihnya, 1.339, belum diserahkan karena mereka (nelayan) belum melengkapi berkas. Seperti KTP, Kartu Keluarga, surat ahli waris, serta kartu nelayan," kata Husnaini.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Fanpage MC Batam

Jejak Pendapat

Bagaimana Menurut anda informasi yang di tampilkan oleh Media Center ? Terima kasih atas pendapatnya
  Sangat Jelek
  Jelek
  Biasa Saja
  Bagus
  Sangat Bagus

Komentar Terakhir