16 Perusahaan Tertarik Kelola TPA Punggur

By Kartika 21 Mar 2017, 08:11:35 WIBKabar Batam

16 Perusahaan Tertarik Kelola TPA Punggur

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam, Dendi Purnomo


Media Center Batam - Sebanyak 16 perusahaan tawarkan teknologi pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Telagapunggur Batam. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam, Dendi Purnomo mengatakan kesemuanya merupakan perusahaan asing.

"Ada perusahaan Kanada, Jepang, Korea Selatan, China, Singapura, Malaysia. Beberapa dari mereka juga telah memaparkan teknologi yang digunakan," kata Dendi, Senin (20/3).

Menurut Dendi, Pemerintah Kota Batam mengajukan tiga persyaratan untuk perusahaan yang akan kelola TPA Telagapunggur nantinya. Kriteria yang harus dipenuhi yaitu teknologi Refused Derified Fuel, pengolahan sampah menjadi bahan bakar minyak. Kedua, incenerator yakni teknologi yang mengolah sampah menjadi uap dan listrik. Dan terakhir, gasifikasi.

"Perusahaan yang bisa penuhi teknologi seperti ini yang yang akan kami terima," kata dia.

Dendi mengatakan saat ini Pemko bersama DPRD Batam tengah mematangkan peraturan daerah tentang penerapan teknologi pengolahan sampah. Ia berharap Perda sudah disetujui pada semester pertama tahun ini.

Apabila Perda disetujui, kata Dendi, tidak butuh waktu lama bagi Pemko untuk mengundang semua perusahaan yang tawarkan kerjasama tadi. Mereka akan diminta presentasikan teknologi yang dimiliki untuk penerapan di Batam.

"Kami berharap dalam waktu dua atau tiga tahun lagi Batam sudah terapkan teknologi pengolahan sampah menjadi energi," ujarnya.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Fanpage MC Batam

Jejak Pendapat

Bagaimana Menurut anda informasi yang di tampilkan oleh Media Center ? Terima kasih atas pendapatnya
  Sangat Jelek
  Jelek
  Biasa Saja
  Bagus
  Sangat Bagus

Komentar Terakhir